Rabu, 24 Juni 2015

KARAKTERISTIK STEM CELL

KARAKTERISTIK STEM CELL

         Untuk dapat digolongkan sebagai stem cell, suatu sel harus memiliki sejumlah karakteristik, yang antara lain: belum berdiferensiasi (undifferentiated), mampu memperbanyak diri sendiri (self renewal), dan dapat berdiferensiasi menjadi > 1 jenis sel (multipoten/pluripoten)

1.     1. Belum Berdiferensiasi
       Stem cell merupakan sel yang belum memiliki bentuk dan fungsi spesifik layaknya sel lainnya pada organ tubuh. Sel otot jantungb (kardiomiosit), neuron, dan sel beta pakreas adalah jenis sel tubuh yang telah memiliki bentuk dan fungsi yang spesifik.
Sel-sel tersebut secra jelas menjalankan fungsi dari organ yang dibentuknya. Bentuk sel otot jantung menyokong fungsinya untuk berdenyut. Neuron otak juga memiliki bentuk yang memungkinkannya menghantarkan impuls-impuls saraf, sedangkan sel beta pankreas terdapat dalam struktur jaringan yang disebut sebagai pulau Langerhans pada pankreas, yang berfungsi memproduksi hormon insulin.

2.     2.  Mampu memperbanyak diri sendiri (self renewal)
     Stem cell dapat melakukan replikasi dan menghasilkan sel-sel berkarakteristik sama dengan sel induknya. Kemampuan memperbanyak diri dan menghasilkan sel-sel yang sama seperti sel induknya ini tidak dimiliki oleh sel-sel tubuh lainnya seperti sel jantung, otak, ataupun sel pankreas

3.    3.   Mampu berdiferensiasi menjadi >1 jenis sel
      Kemampuan stem cell dalam berdiferensiasi juga dinilai lebih istimewa dibandingkan sel-sel lain yang jauh lebih matur, karena stem cell mampu berdiferensiasi menjadi >1 jenis sel tubuh.


1 komentar:

  1. Play Online Blackjack with PlayBaccarat - The Welsh
    You can play 바카라 사이트 Baccarat at หารายได้เสริม PlayBaccarat's online Blackjack casino 제왕 카지노 with free, real money, and VIP play.

    BalasHapus